CALL US NOW 0851 0004 2009
KLIK DONASI

Yuk, Mulai Konsumsi Ikan Sejak Dini

Beberapa orang mungkin masih ragu dan was-was untuk memberi konsumsi ikan pada si buah hati. Namun, tidak usah ragu untuk memberikan ikan sebagai tambahan menu makanan untuk si kecil. Pasalnya, ikan itu memiliki banyak manfaat untuk si kecil, lho! Kandungan nutrisi ikan ini sangatlah baik untuk tumbuh kembang si kecil, khususnya untuk perkembangan otaknya.

Di usia berapa anak bisa mengkonsumsi ikan?

Ikan adalah jenis makanan yang sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Pemberian ikan sebagai menu makanan pada anak bisa dimulai sejak si kecil masih berusia 6 bulan. Manfaat ikan untuk si kecil ini sangatlah banyak. Sehingga ikan ini termasuk dalam jenis makanan yang penting untuk diberikan pada si kecil sejak usia dini.

Manfaat ikan untuk anak

Sebagai sumber makanan yang kaya akan gizi yang tinggi, ikan memiliki banyak sekali manfaat untuk tumbuh kembang si kecil. Kandungan gizi yang ada di dalam ikan inilah yang memiliki manfaat baik untuk si kecil seperti protein asam amino Omega-3, asam lemak essensial berupa EPA dan DHA, vitamin, dan mineral. Dan, beberapa manfaat dari kandungan ikan yang dilansir dari situs Tokodigi:

  1. Dapat meningkatkan kecerdasan si kecil

Mengkonsumsi ikan ini bisa dimulai sejak masa kehamilan. Karena, beberapa penelitian menemukan ibu hamil yang rutin mengkonsumsi omega-3 yang merupakan kandungan dari ikan ini bisa membuat anak yang lahir memiliki kemampuan atau kecerdasan yang tinggi saat dia mencapai usia 4 tahun. Dan, jika pemberian omega-3 tersebut dilanjutkan diberikan kepada si kecil, maka ini akan membantu kemampuan dari si kecil untuk bisa cepat membaca. Pertumbuhan otak anak lebih cepat saat masih dalam kandungan hingga tahun pertama setelah kelahirannya. Dan saat itulah waktu yang paling baik untuk memberikan konsumsi DHA pada si kecil.

  1. Anak bisa lebih fokus

Kandungan DHA yang ada dalam tubuh anak juga bisa membantunya untuk bisa lebih fokus. Kadar DHA yang tinggi dalam tubuh si kecil ini bisa didapatkan si kecil selama masa kehamilan dan menyusui. Jadi, jika Anda ingin si kecil memiliki tingkat fokus yang tinggi saat lahir, maka perbanyaklah konsumsi ikan dengan kandungan DHA tinggi, dan kemudian lanjutkan lagi pemberiannya kepada si kecil setelah dia lahir.

  1. Membantu dalam penglihatan

DHA yang ada di dalam ikan ini sangatlah membantu si kecil untuk memperbaiki penglihatannya. Sehingga penglihatan si kecil bisa lebih tajam, dan tentunya bisa menghindari pemakaian kacamata sejak dini pada anak-anak.

  1. Menambah sistem kekebalan tubuh

Sistem imunitas pada anak tentunya masih sangatlah kurang. Nah, untuk membantu dalam menambah imunitas atau sistem kekebalan tubuh tersebut, maka kandungan DHA dalam ikan ini juga sangatlah membantu. Jika, anak Anda masih menkonsumsi susu, maka pilihlah susu dengan kandungan minyak ikan, dan protein yang tinggi.

  1. Bisa mengurangi peradangan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan Omega-3 yang ada di dalam ikan ini bisa membantu si kecil untuk mengurangi tingkat peradangan pada tubuh, termasuk juga pada bagian kulit. Omega-3 yang tinggi ini bisa Anda berikan pada si kecil melalui penambahan potongan ikan salmon atau tuna pada si kecil yang telah bisa mengkonsumsi MP-ASI. Ini juga bisa membuat si kecil terlindungi dari resiko alergi.

Nah, itulah beberapa manfaat makan ikan untuk anak. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda dan keluarga. [tokodigi.com]