CALL US NOW 0851 0004 2009
KLIK DONASI

Bunda, Yuk, Cari Tahu Cara Membesarkan Anak Perempuan agar Percaya Diri (Part 1)

Anak perempuan biasanya punya keinginan meluap-luap untuk bisa segera mengisi kehidupan mereka. Mereka adalah anak-anak yang senang ngobrol sejak kecil, luwes dalam pergaulan, serta murid yang rajin di sekolah. Namun, tak dapat dipungkiri, anak perempuan Anda kerap kali dilanda masalah tidak percaya diri. Selain masalah fisik, sering kali tanpa disadari muncul kekhawatiran dan harapan berlebihan dari orangtua. Di masyarakat sendiri, ada tekanan sosial dan ekspektasi yang ambigu terhadap perempuan.

Karenanya bekali mereka dengan sikap percaya diri agar siap menghadapi tekanan dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat. Bisa melakukan hal berikut ini:

  1. Doronglah untuk bersikap tegas, ajari ia untuk mengekspresikan kebutuhannya kepada orang-orang dewasa serta memperjuangkan hak-haknya diantara teman-teman sebayanya.
  2. Berilah pujian yang spesifik, daripada mengatakan “ksmu pintar”, cobalah untuk memberikan pujian yang konkret seperti “Kakak punya ingatan yang bagus ya” atau “Wah, kamu tahu betul soal dinosaurus!”
  3. Berilah pujian berdasarkan kenyataan, cepat atau lambat si Kecil akan menyadari bahwa dirinya bukanlah satu-satunya orang yang pandai di bidang kesukaannya, tapi dia tentu senang jika diberikan pujian terhadap peningkatan prestasinya dari waktu ke waktu. Misalnya saja ia berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya atau mampu bersikap ramah kepada orang lain.
  4. Dorong putri Anda untuk memiliki kompetensi, jika di meminta bantuan, mintalah kepadanya untuk menyelesaikan terlebih dulu. Tunggu dan lihatlah apa dia membutuhkan bantuan. Mendorongnya mengikuti lomba juga upaya agar si Kecil punya kompetensi. Tak harus akademik, bisa juga dengan bidang yang diminatinya.
  5. Dorong si Kecil untuk berolahraga, kesehatan pun perlu diperhatikan lho, Bunda. Tapi jangan putuskan olahraga apa yang tepat bagi mereka, mereka juga memiliki pilihannya sendiri.

Masih ada 5 poin lagi yang harus diperhatikan agar anak perempuan kita percaya diri lho, Bunda. Nantikan update berikutnya, ya..

[Media Panduan Kehamilan & Tumbuh Kembang Anak, Nakita No. 941/Th. XIX 12-18 April 2017]